Kamu salah satu penggemar sinema Indonesia bergenre drama? Tidak lengkap rasanya jika kamu belum menonton film Wedding Agreement. Sinema yang telah diproduksi Starvision Plus ini berkisah tentang sepasang suami istri yang telah melakukan perjanjian pernikahan. Mau tahu seperti apa cerita lebih lanjutnya? Simak langsung ulasan yang akan IndoKeppo berikan pada artikel ini, yuk!


Wedding Agreement adalah sebuah film bergradasi islami yang tayang perdana di bioskop pada 8 Agustus 2019. Peluncuran sinema ini berdurasi sekitar 100 menit juga bertepatan dengan momen menjelang hari raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019.

Film yang berjudul Wedding Agreement ini diadaptasi dari novel karya Mia Chuz dengan judul yang sama. Sinema ini menceritakan kehidupan rumah tangga tersebut dibintangi oleh Indah permatasari, Refal Hady, dan Aghniny Haque.

Pada film tersebut, Refal Hady bermain sebagai Bian yang menikah dengan Tari yang diperankan sebagai Indah Permatasari. Keduanya menikah melalui jalur taaruf atau biasa dikatakan perjodohan tanpa proses pacaran. Sementara itu, Aghniny Haque berperan sebagai sarah yang sebelumnya merupakan tunangan Bian.

Pasti pada penasarankan, seperti apa rumitnya perjalanan rumah tangga yang sedang dialami Tari dan Bian? Yuk, langsung aja baca terus sinopsis dan fakta menarik tentang film Wedding Agreement berikut! Setelah kamu membacanya, semoga kamu semakin tertarik untuk menonton sinema satu ini, ya.

Sinopsis Film Wedding Agreement


Film Wedding Agreement, Perjanjian Pernikahan yang Berujung Manis
Sumber : Instagram (weddingagreement)

Pernikahan yang seharusnya menjadi hal yang membahagiakan bagi sepasang suami istri. Tetapi semuanya itu tidak berlaku untuk Bian dan Tari. Beberapa saat setelah keduanya menikah, Bian memberikan surat perjanjian yang menyebutkan jika dalam waktu satu tahun mereka tidak akan bercerai.

Setelah menikah, Tari juga baru menyadari kalau sebelumnya sang suami telah memiliki pacar dan sudah bertunangan dengannya. Wanita tersebut adalah Sarah, wanita yang telah dipacari Bian selama kurang lebih lima tahun atau sejak berada di bangku kuliah.

Bian bersedian untuk menjalankan pernikahan tersebut hanya untuk memenuhi permintaan orang tuanya karena mereka merasa memiliki hutang budi kepada orang tua Tari. Sebagai seorang yatim piatu, Tari hanya bisa berpasrah menerima perjodohan yang melibatkan dirinya.

Walaupun pernikahan keduanya tidak didasari cinta, Tari tetap berusaha untuk menjadi seorang istri yang baik bagi suaminya, seperti membuatkan makanan dan mengingatkan ibadah. Perempuan yang mengenakan hijab itu ingin meluluhkan hati Bian. Sayangnya, apa yang diusahakannya itu sering sekali tidak mendapatkan respon yang tidak menyenangkan dari sang suami.

Tari mencoba untuk bertahan tetapi hasilnya tetap nihil kecewa dan sakit hati. Rasanya semakin sakit hati ketika mengetahui jika dirinya telah jatuh cinta kepada Bian yang masih mencintai Sarah. Rencananya, wanita ini akan dinikahi setelah Tari bercerai.

Pada saat Tari terlanjur kecewa perlahan hati Bian mulai menumbuhkan benih-benih cinta padanya. Apakah mampu keduanya untuk mempertahankan rumah tangga yang telah dibangun? Lalu, siapa yang akan di pilih Bian nantinya? Tari ataukah Sarah? Pasti pada pengen tahu kisah selanjutnyakan? temukan langsung jawabannya dengan menonton film Wedding Agreement hingga selesai yah!

Pemeran & Karakter Film Wedding Agreement


Film Wedding Agreement, Perjanjian Pernikahan yang Berujung Manis
Sumber : Instagram (weddingagreement)


  • Refal Hady – Bian (Byantara Wicaksana)
  • Indah Permatasari – Tari (Btari Hapsari)
  • Aghniny Haque – Sarah
  • Ria Ricis – Ami
  • Jeff Smith – Aldi
  • Unique Priscilla – Mama Bian
  • Bucek Deep – Papa Bian
  • Ria Irawan – Bude
  • Mathias Muchus – Pakde
  • Fergie Brittany – Kinan
  • Teddy Snada – Ustaz Ali
  • Yati Surachman – Bik Darmi


Fakta Menarik Tentang Film Wedding Agreement


Sumber : Instagram (weddingagreement)

1. Diangkat Melalui Novel Laris di Situs Wattpad

Sebagian dari kalian pasti sudah tidak asing dengan jalan cerita film Wedding Agreement. Karena, kisahnya dari sinema tersebut diangkat dari novel laris yang dibaca di situs Wattpad dengan judul yang sama.

Karena terlalu laris, tulisan karya Eria Chuzaimiah atau Mia Chuz tersebut telah dibaca sampai lebih dari 8 juta kali. Jika kamu sudah membaca novelnya, mungkin kamu akan menemukan banyak bagian yang mirip dengan adegan di sinemanya.

2. Didukung Oleh Aktor dan Aktris Papan Atas Tanah Air

Selain Refal Hady, Indah Permatasari, dan Aghniny Haque, sinema ini juga didukung oleh artis-artis ternama Indonesia. Contohnya artis Bucek Deepo, Ria Irawan, Unique Priscilla, Mathias Muchus, dan Yati Surachman.

Walaupun tidak menjadi pemain utama pada film Wedding Agreement, para pemeran lama itu berusaha untuk menjalankan karakter mereka dengan baik. Misalnya saja seperti aktris Yati Surachman yang berperan sebagai pembantu atau Unique Priscilla dan Bucek Deepo yang bermain sebagai orang tua Bian.

3. Debut Film Layar Lebar Sutradara Archie Hekagery

Mungkin banyak dari kalian yang tidak kamu ketahui jika film Wedding Agreement ini merupakan debut layar lebar sutradara Archie Hekagery. Setelah membaca novel karya Mia Chuz tersebut, pria yang mempunyai kelahiran 8 Januari 1978 tersebut langsung tertarik dengan jalan ceritanya.

Tidak hanya menjadi sutradara saja di sinema ini Archie juga bekerja sebagai penulis skenario. Sebelumnya, lelaki yang berprofesi sebagai produser tersebut telah menulis sejumlah skenario untuk serial TV, FTV dan Film. Beberapa diantaranya adalah Mat Grobak (2006), Cinta Cenat Cenut (2011), Loe Gue End (2012), dan lainnya.

4. Refal Hady Belajar tentang Taaruf

Aktor Refal Hady telah memulai karirnya dengan membintangi sinetron Drama Queen (2016) yang pernah ditayangkan di salah satu televisi swasta Indonesia. Setelah itu, ia banyak mendapatkan tawaran untuk bermain film. Seperti film Cricital Eleven (2017), Dilan 1990 (2018), Antologi Rasa (2019), dan lain sebagainya.

Tidak seperti karakter yang dimainkan film-film sebelumnya, pada film Wedding Agreement Refal harus berperan sebagai laki-laki yang menikah melalui jalan taaruf. Demi bisa mendalamkan karakternya, akhirnya dia pun banyak belajar dari sutradara maupun teman yang menikah tanpa melalui proses pacaran.

5. Melihat Pernikahan dari Pandangan Islam

Menurut agam Islam, pernikahan merupakan bagian dari ibadah. Ajaran tersebutlah yang coba dilakukan oleh tokoh Tari pada film ini. Walaupun hasil perjodohan, baginya pernikahan adalah ibadah seumur hidup.

Oleh sebab itu, Tari berusaha keras untuk menjadi seorang istri yang baik dan selalu berusaha mengingatkan suaminya untuk melakukan kebaikan. Dia juga berusaha bersabar dan tidak melawan ketika Bian bersikap tidak baik hingga membuatnya sakit hati.

6. Memuat Banyak Nasihat Pernikahan

Jika kamu sudah menonton film Wedding Agreement, tentunya kamu sudah menemukan banyak pesan pernikahan di dalamnya. Dari Tari kamu bisa belajar kalau kesabaran dan ketulusan adalah kunci utama untuk menghadapi sesuatu pada permasalahan rumah tangga.

Berkat ketulusannya tersebut, pada akhirnya wanita ini dapat meluluhkan hati sang suami yang sebelumnya tidak menghargai pengorbanannya. Selain itu, ada juga adegan sederhana yang mengajarkan pentingnya quality time bagi pasangan, belanja bersama contohnya.

7. Mendapatkan Rating dan Jumlah Penonton yang Memuaskan

Sama dengan novelnya, antusiasme penggemar pada film Wedding Agreement juga cukup besar. Hal tersebut dapat dilihat dari rating sinema tersebut yang berhasil mendapatkan rekor 8,1 versi IMDb User Ratings.

Tidak hanya itu saja, mendapatkan perolehan jumlah penonton untuk film tersebut bisa dikatakan memuaskan. Baru satu hari saya penayangan sinema ini sudah ditonton lebih dari 70 ribu kali. Dalam kurun waktu kurang dari satu minggu, film yang telah diproduseri oleh Chand Parwez Servia itu telah disaksikan 400 ribu lebih penonton. 

Apakah Kalian Tertarik Menyaksikan Film Wedding Agreement?


Itulah beberapa informasi menarik tentang film Wedding Agreement yang bisa kamu ketahui di IndoKeppo. Setelah kalian membacanya, apakah kalian semakin tertarik untuk menyaksikan sinema satu ini? Jika iya, mudah-mudahan ada banyak sekali pelajaran berharga yang bisa kamu dapatkan, ya.

Sebelum kalian menonton film Wedding Agreement full movie, kamu juga bisa melihat trailer-nya terlebih dahulu disini. Hingga awal bulan Agustus 2019, video trailer yang telah terbit di akun Youtube milik StarvisionPlus tersebut telah di tonton lebih dari 1,7 juta kali.

Selain sinema yang satu ini, kamu juga bisa membaca review film drama Indonesia menarik lainnya. Beberapa diantaranya adalah Dua Garis Biru, Dilan 1991, A Man Called Ahok, dan lain sebagainya. Ada juga rekomendasi untuk kalian yaitu film-film Hollywood dan drama korea yang sangat menarik untuk kalian ketahui.

Jangan lupa juga untuk membaca artikel-artikel bermanfaat lainnya yang ada di IndoKeppo. Ada informasi tentang kecantikan, panduan wisata, biodata selebritas, kumpulan kata-kata motivasi, dan masih banyak yang lainnya.