Bandung telah menjadi salah satu destinasi liburan yang paling favorit di Jawa Barat, Terlebih untuk kalangan warga Jakarta yang ingin berkreasi atau refreshing untuk melepaskan penat. Bandung yang selain memiliki suasana alam yang begitu sejuk, Bandung juga dicintai karena banyaknya tempat makanan enak yang menarik untuk dicoba. Jadi selain liburan di Bandung, Anda juga bisa sekaligus berwisata kuliner disana.

Makanannya mulai dari batagor hingga lontong sayur, semuanya bisa Anda rasakan di Bandung. Nah, bagi kalian yang berencana untuk berlibur ke Kota Kembang ini dalam waktu dekat, admin akan memberikan daftar rekomendasi tempat kuliner di Bandung untuk Anda yang telah diambil oleh direktori Traveloka Eats, sebuah fitur terbaru dari aplikasi Traveloka yang menyediakan berbagai ulasan tentang aneka wisata kuliner. Silahkan baca lebih lanjut artikel ini!.

Iga Bakar Si Jangkung


Menikmati wisata kuliner di Kota Bandung pastinya tidak terasa lengkap jika Anda belum mencoba kelezatan Iga Bakar Si Jangkung. Tempat makan ini berlokasi di Jalan Cipaganti No 75B, tempat makan yang satu ini tentunya sangat mudah untuk Anda temukan karena tempat ini terletak di tepi jalan utama. Dinding dari tempat ini didominasi dengan warna cat hijau, tentunya hal ini begitu unik saat kita sedang melintas di Area tersebut.

Harga untuk satu porsi dari Iga Bakar Si Jangkung ini di patok dengan harga Rp.40.000. Iga Bakar Si Jangkung ini tentunya berbeda dengan iga bakar di tempat lainnya, warung tenda milik Bapak Haryanto ini menyediakan iga bakar yang mempunyai cita rasa rempah yang sangat kuat sehingga tidak ada bau. Anda tidak perlu khawatir, karena iga bakar ini sangat empuk karena sudah melalui proses memasak yang cukup lama. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Iga Bakar Si Jangkung ini dibuka pada pukul 12:00 - 23:00 setiap harinya.

Nasi Campur 88


Nasi campur memang sudah disebut sebagai legenda tempat wisata kuliner di Bandung. Karena dengan perbedaannya dengan tempat makan di warung kaki lima, Anda harus sabar mengantri cukup lama untuk dapat menikmati nasi campur 88 ini. Bahkan pengunjung yang akan makan nasi campur ini diberikan nomor antrian. Mengapa?, Karena nasi campur 88 ini sudah terkenal dengan porsinya yang cukup besar dan rasanya yang tidak main-main.

Satu porsi nasi campur 88 ini dihargai dengan Rp50.000 setiap porsinya yang terdiri dari nasi, samcan, cha siu, kekian, telur, bakso goreng, mentimun dan kuah sup. Melihat dari isi nasi campur ini saja sudah dipastikan kalau menu di tempat makan ini yang terletak di Jalan Cibadak No 152 ini termasuk makanan yang Non Halal yah!.

Cuanki Serayu

cuanki serayu
Cuanki Serayu @infobandungkuliner (instagram)

Cuanki merupakan jajanan khas Kota Bandung yang berupa hidangan dengan jenis bakso yang disajikan lengkap dengan tahu dan juga mie. Warung makan kaki lima yang terletak di Jalan Serayu No.2 ini buka setiap harinya pukul 11:00 sampai 19:00, tetapi tempat makan ini lebih sering tutup dengan cepat karena cuanki yang sudah terjual habis. Cuanki Serayu ini sendiri dibandrol dengan harga Rp17.00 per porsi. Tetapi, tidak hanya Cuanki saja yang bisa Anda cicipi. Tempat ini juga menyediakan Batagor yang satu porsinya di hargai dengan Rp18.00 disini.

Batagor Kingsley


Apa itu Kingsley? Kingsley adalah nama salah satu tempat untuk berburu batagor terenak dan terlezat yang ada di Ibu Kota Jawa Barat. Lokasi tempat makan ini berada di Jalan Veteran No25. Karena berada di jalan jalur satu arah, sebalinya Anda pelan-pelan agar tidak kelewatan tempat ini. Tempat makan ini mempunyai dua lantai, dimana lantai dasar untuk pembeli yang membawa bungkus makanannya dan bagi Anda yang ingin makan di tempat bisa langsung naik ke lantai 2. Batagor Kingsley ini sendiri awet hingga 1 x 24 jam, sehingga banyak wisatawan lokal yang menjadikan batagor ini sebagai oleh-oleh.

Batagor ini berbeda dengan penjual batagor pada umumnya, disini Anda bisa memilih mau batagor yang digoreng atau disajika bersama dengan kuah. Harga satu porsi batagor ini di patok dengan harga Rp13.500, kualitas dan rasa yang diberikan Anda sudah tidak perlu meragukannya lagi. Gurihnya rasa ikan tenggiri benar-benar terasa nikmat.

Bakmi Linggarjati


Jika kalian sedang mengunjungi Alun-alun Kota Bandung tentunya kurang lengkap jika Anda belum mampir untuk mencicipi kuliner Bakmi Linggarjati yang satu ini. Tempat makan ini berada di Jalan Balonggede No1, tempat makan ini menyediakan beragam menu mie yang menjadi tempat kuliner terfavorit pengguna Traveloka Eats. Anda dapat memilih jenis makanan mie yang diinginkan, ada menu Yamin Manus dan Yamin Asin. Soal lauknya, Anda dapat menambahkan pelengkap seperti : Bakso, Babat, Kikil, dan Ayam yang telah disediakan bersama dengan kuahnya.

Harga satu mangkok mie ini dihargai Rp38.000. Porsinya juga disajikan dengan ukuran besar, mie yamin sendiri terbilang cukup tipis, tetapi mie ini sangat kenyal dan juga lembut loh. Mie yamin ini ditambahkan juga dengan kuah bakso yang begitu gurih, tentunya hal ini membuat Anda akan ketagihan. Jika Anda makan Mie Yamin ini, jangan lupa untuk memesan Es Alpukat "Linggarjati" yang tentunya tidak kalah populer di kalangan pengunjung yang datang. Es Alpukat ini dijual dengan harga Rp30.000, Es Alpukat ini hanya dihaluskan secara manual dan diberi dengan siraman gula jawa yang tentunya membuat kita menjadi segar!

Nasi Goreng Bistik Asatana Anyar

Bagi kalian yang sedang berburu wisata kuliner pada malam hari di Bandung, Anda bisa mencoba berkunjung ke kedai nasi goreng yang terletak di Jalan Astana Anyar 264. Terdapat Nasi Goreng Bistik AA yang menjual dengan inovasi dari sajian nasi goreng yang diperpadukan dengan bistik ayam yang sangat renyah. Harga untuk sepering nasi goren bistik ini dijual dengan harga Rp19.000 saja. Tetapi kalau Anda ingin menambahkan telur pada nasi gorengnya, harga menjadi Rp22.000 per posinya. Tentunya harga ini sangat terjangkaukan?

Bubur Ayam Gibas

bubur ayam gibas
Bubur Ayam Gibas @rulitaelena (instagram)

Bubur Ayam Gibas ini merupakan bubur yang sangat ramai dikunjungi para pembeli setiap harinya. Mengapa? karena dengan harganya yang sangat terjangkau dengan porsi bubur dan juga topingnya yang begitu banyak. Lokasi tempat bubur ini berada di seberang Rumah Sakit Kebon Jati No 187, Bandung. Jika membicarakan tentang menu, tempat ini hanya menjual bubur ayam saja. Tetapi Anda bisa memilih beragam jenis topping yang sangat nikmat.

Satu porsi bubur ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp14.000, untuk topping telur mudah Anda hanya cukup membayar Rp 17.000. Apabila Anda tertarik untuk mencoba menu komplit yang disediakan disana harganya hanya Rp20.000 per porsi. Tenang saja, kalau Anda takut kebanyakan dengan porsinya Anda bisa membeli bubur ayamnya setengah porsi, kok.

Lotek Kalipah Apo


Kabarnya, Lotek Kalipah Apo adalah tempat makan lotek terbaik yang berada di Kota Kembang ini. Sajian ini sendiri terdiri dari sayuran kol, taoge, kacang panjang, bayam, kangkung dan nangka muda yang ditambahkan dengan tempe dan lontong sayur yang disiram dengan saus kacang. Tekstur dari kacangnya juga sangat halus seperti saus kental, kacangnya juga sudah tidak terlihat adanya butiran kasar. Cita rasa Lotek Kalipah Apo ini tidak perlu Anda ragukan lagi. Manis, Gurih, dan aroma kencur yang begitu terasa nikmat.

Lokasi tempat wisata ini berada di Jalan Kalipah Apo No 42, Bandung. Agar Anda dapat menikmati lotek di Kalipah Apo, Anda hanya cukup mengeluarkan kocek uang sebesar Rp18.000 saja, sementara itu menu rujak dan kolak disini dibanderol dengan harga Rp15.000. Hal yang perlu Anda ingat adlaah Lotek Kalipah Apo ini buka setiap hari, kecuali hari Selasa, mulai pukul 09:00 - 16:00.

Sekoteng Singapore


Awal mulanya Es Sekoteng Singapore ini merupakan minuman khas Jawa Tengah teridir dengan air jahe yang diberikan isian berupa kacang hijau, kacang tanah, biji delima, kolang-kaling, dan potongan roti. Tetapi di Bandung Anda bisa menemukan minuman sekoteng ini yang dijajakan oleh pedagang kaki lima pada malam hari.

Es Sekoteng Singapore ini sendiri telah menjadi legenda kuliner pada malam hari di Kota Bandung. Sekoteng Singapore ini beroperasi di tahun 2002, Es ini juga tidak pernah sepi pengunjung. Untuk dapat mencicipinya Anda hanya perlu datang ke Jalan A. Yani no 293. Harganya cukup murah yaitu Rp8.000 saja per mangkuknya.

Cie Rasa Loom


Anda tidak perlu jauh-jauh ke Sumatera Utara untuk dapat menikmati wisata kuliner di Aceh. Karena, Anda sudah dapat merasakan kuliner ini di Kota Bandung yang menyediakan hidangan khas Serambi Makkah tersebut. Anda hanya perlu datang ke Cie Rasa Loom yang berada di Jalan Buahbatu No154 ini. Cie Rasa Loom ini sendiri menyediakan berbagai varian nasi goreng serta mie Aceh goreng dan rebus dengan menggunakan kombinasi isian seperti daging Kambing, Daging Sapi, Sosis, Ayam, Udang, dan Rendang.

Bagi para pengunjung Traveloka Eats tentunya setuju kalau Mie Aceh Rebus Udang adalah menu yang wajib Anda cicipi pada saat berkunjung kesana. Harganya hanya sebesar Rp25.00 saja per porsinya. Jika Anda tidak ingin makan berat, Anda bisa memakan roti canai yang dapat Anda pesan dengan harga Rp15.000. Soal minuman, ada Kopi Saring Aceh yang sediakan disana dengan harga Rp10.000 yang tentunya siap untuk menemani teman makan malam Anda.

Bakmi Apin


Tempat wisata kuliner yang bernama Bakmi Apin ini terletak di Jalan Sukajadi No 158 ini juga layak untuk Anda jadikan sebagai daftar destinasi wisata kuliner Anda selanjutnya. Tempat makan ini buka setiap pukul 08:00 - 20:00, Anda bisa berkunjung ke tempat ini untuk menemani sarapan pagi, siang, ataupun malam disini. Anda tidak perlu khawatir, Bakmi Apin ini menyediakan makanan-makanan halal.

Ada tiga jenis makanan mie yang bisa Anda pesan, yaitu mi yamin, mi yahun (bihun asin atau manis), ataupun Anda bisa memesan hot mie (mie spesial dengan level kepedasan tertentu). Untuk perpaduan dengan lauk, Anda dapat memilih bakso, pangsit, atau ceker ayam sebagai pelengkapnya. Harga jual makanan ini berkisar Rp25.000 - Rp42.000 per porsinya. sesuai dengan pilihan topping Anda.

Mie Aceh Sigli Jaya


Tempat makan ini berada di Jalan Tubagus Ismail No 22, Mie Aceh Sigli Jaya ini juga menyediakan beragam jenis pilihan masakan khas Aceh. Mulai dari Mie rebus Aceh, tumis, dan goreng, roti canai aneka topping hingga martabak Aceh. Tempatnya berada di kawasan tempat tinggal mahasiswa di area Dago, Mie Aceh Sigli Jaya sendiri dijual dengan harga yang sangat terjangkau yaitu dengan harga Rp.15.000 - Rp.25.000 per porsinya.

Bagi para pecinta kuliner pedas, tersedia juga warung makan di Bandung yang satu ini bisa menjadi tujuan yang sangat tepat. Mie Aceh dengan topping udang yang dibanderol dengan harga Rp.20.000 saja lengkap bersama emping dan juga acarnya. Porsi Mie Aceh ini cukup besar, sehingga bisa melegakan perut Anda yang lapar.

Batagor Riri


Makanan Batagor memang banyak yang menjual pada saat Anda ke Bandung, tetapi jika Anda ingin mencicipi Batagor yang sangat special, Anda bisa datang ke Batagor Riri. Tempat makan satu ini juga sering di kunjungi oleh selebriti Ibu Kota yang sedang berkunjung ke Kota Bandung. Berada di Jalan Burangrang No 41, banyak yang mengatakan kalau pemilik Batagor Riri ini mempunyai hubungan dengan pemilik Batagor Kingsley.

Satu buah Batagor Riri di hargai dengan Rp.13.500 dan disajikan secara terpisah dari saus kacangnya. Agar dapat menambah cita rasa biasanya batagor ini disajikan dengan hidangan jeruk limau. Uniknya lagi meskipun sangat renyah diluar tentunya Batagor Riri tetap terasa lembut dan pada pada bagian dalamnya. Cita rasa ikan tenggirinya juga sangat kental di lidah.

Bebek Ali Borme

Warung kaki lima yang ada di Jalan Teuku Umar Blok 60, No 40 ini selalu ramai pembeli pada saat jam makan telah tiba. Mengapa tempat makan ini dinamakan Bebek Ali Borme? karena pemiliknya bernama Pak Ali dan dulu pada saat ia pertama kali membuka warung ini berada tepat di samping rumah sakit Boromeus kawasan Dago. Berbeda dengan warung nasi bebek pada umumnya yang menyajikan bebek garing dan lembut, disini Anda justru akan mendapatkan nikmatnya bebek basah yang dagingnya begitu juicy.

Sambal yang disediakan di warung Bebek Ali Borme ini rasanya cukup pedas, sedikit asam, dan manis. Cita rasa sambal yang unik ini didapat dari perpaduan cabai rawit, tomat, asam Jawa, dan gula Jawa yang digunakan selama proses pengulekan. Satu piring nasi Bebek Ali Borme ini di banderol dengan harga Rp.25.000, bagi kalian yang ingin menambah tingkat kepedasan sambal, Anda sudah bisa mengambil sambal yang telah disediakan di atas meja untuk para pelanggan.

Warung Lela


Warung makan Lela atau bisa dibilang populer dengan nama Wale ini berada di area perumahan Ranca Kendal, lebih tepatnya lagi berada di Jalan Kupa No 6. Jika dilihat dari luar, bangunan warung ini cukup menarik perhatian sobat karena berbentuk rumah Tradisional Jawa. Sekeliling tempatnya dihiasi dengan tiang yang terbuat dari kayu-kayu besar yang dilengkapi beragam ornamen yang juga berbahan dasar kayu.

Menu yang paling di nanti-nanti adalah menu bakmi, tetapi yang harus kamu cicipi adalah Yamin Manis Baso yang begitu mengunggah selera. Makananya dijual dengan harga Rp.23.000 per porsi, Anda akan mendapatkan satu mangkuk mie berwarna cokelat pekat yang dilengkapi dengan daging ayam suwir dan taburan daun bawang. Kuah yang berisi tiga bakso dan dua buah tahu yang diletakkan secara terpisah sehingga Anda bisa mencampurkan makananya sesuai dengan selera Anda.

Nasi Kalong

Nasi Kalong
Nasi Kalong @belanga.id (instagram)

Anda sedang lapar disaat tengah malam? Jika Anda pengguna Traveloka Eats, pastinya akan menyarankan Anda untuk berkunjung ke kedai Nasi Kalong yang berada di Jalan R.E. Martadinata 102. Mengapa dinamakan Nasi Kalong? karena tempat makan ini dibuka pada pukul 19:00 - 00:00. Tempat makan ini cukup populer di kalangan masyarakat dengan berbagai menu variatif yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera pembeli. Oh iya, Anda juga dapat memilih nasi merah ataupun putih untuk makan.

Jika Anda sudah menentukan nasi mana yang akan Anda pilih, Anda juga dapat memilih lauknya yang sengaja ditaruh secara prasmanan tersebut. Lauknya ada Ayam, Udang, Telur, Daging Sapi, dan Aneka sayuran tumis. Tempat makan ini hanya menerima bayaran via tunai saja yah. Jadi Anda harus menyiapkan uang tunia sekitar Rp.100.000 untuk bisa makan berdua dengan pasangan Anda ataupun teman Anda.

Bubur Ayam Pa'Otong


Pada malam hari, dijalan Jenderal Sudirman telah berubah menjadi pasar kaget dan disanalah Anda bisa menemukan warung makan Bubur Ayam Pa'Otong. Satu porsi bubur ayam polos Pa'Otong ini di banderol dengan harga Rp.7.000 saja. Nah, bagi kalian yang ingin menambahkan topping di buburnya, Anda bisa memilih beragam jenis topping seperti : Paha Bawah, Sayap, Usus Kering, Ceker, Brutu, Uritan, Telur Muda, Kepala, Sate Kulit, Telur Puyuh, dan Sate Usus. Harga toppingnya juga tidak terlalu mahal yaitu sekitar Rp.3.000 - Rp.10.000.

Mie Merapi


Darinamanya saja sudah unik, apalagi interior desain bangunannya. Mie Merapi ini berada di Jalan Dipati Ukur No 60 ini bisa dikatakan cukup unik dan menarik perhatian banyak orang. Disini, Anda akan menemukan lukisan mural dalam interior tempat makan. Walaupun ukurannya tidak terlalu besar, Kedai Mie Merapi ini sangat nyaman untuk di kunjungi.

Sekilas mungkin sajian mie di tempat ini akan mengingatkan Anda dengan mie ramen asal Jepang. Bedanya, Mie Merapi ini merupakan sajian mie yang telah dipadukan dengan kuah yang sangat banyak dengan cita rasa bumbu rempah yang sangat kuat dan juga pedas. Tenang, bagi Anda yang tidak suka pedas ada level kepedasan yang dapat di sesuaikan dengan kemampuan Anda. Harganya juga cukup terjangkau, yaitu Rp.22.000 saja.

Nah, itu saja yang admin bisa berikan tempat makan enak di bandung. Bagi kalian yang penasaran atau Anda sedang berlibur ke Bandung bisa langsung ke tempat yang telah admin rekomedasikan.