Mengetahui Penyebab Komedo Pada Wajah Agar Lebih Mudah dalam Mengatasinya

Tentunya semua orang pastinya kesal dengan keberadaan komedo pada wajah? Komedo pastinya membuat kulit wajah kita menjadi kasar dan terkesan kotor, hal tersebut tentunya akan membuat kita tidak percaya diri. Oleh sebab itu, lebih baik Anda mengetahui penyebab komedo pada wajah sehingga lebih mudah untuk mengatasinya.

Hal ini sangat penting sekali untuk kamu ketahui, apa saja penyebab komedo yang ada pada wajah agar lebih mudah untuk kita obati dan mencegahnya. Nah, bagi kalian yang penasaran maka sekarang ini kamu berada di tempat yang tepat karena pada artikel admin kali ini akan membahas dan memberikan informasi tentang hal tersebut.

Pastinya komedo sangat membuat kamu merasa terganggu, karena komedo-komedo yang memenuhi hidung dan pipimu. Komedo yang selain menyebabkan wajah kamu menjadi kasar, penampilanmu juga akan kurang jadi menarik.

Sebetulnya ada banyak sekali cara dalam mengatasi timbulnya bercak kasar yang ada pada hidung kita ini. Tetapi, betul apa yang telah dikatakan oleh pepatah bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui apa saja yang menyebabkan timbulnya komedo pada kulit wajah kita.

Berikut ini akan admin jelaskan tentang penyebab komedo pada wajah yang bisa menambah pengetahuan kamu. Jika kamu sudah mengetahui penyebabnya, percayalah kamu pasti akan lebih mudah dalam menanggani masalah kulit ini.

Jenis-Jenis Penyebab Komedo di Wajah

Mengetahui Penyebab Komedo Pada Wajah Agar Lebih Mudah dalam Mengatasinya

Komedo merupakan jerawat tetapi berbeda jenis dan ukurannya lebih kecil. Komedo biasanya muncul pada area wajah hidung. Tetapi komedo tidak hanya timbul pada area hidung saja, tetapi bisa timbul pada area leher, dada, bahu, punggung, maupun lengan.

Jenis jerawat ringan memang tidak akan menimbulkan rasa sakit karena tidak terjadi inflamasi. Walaupun kalian tidak merasakan rasa sakit, tetapi bintik yang terdapat pada wajah akan membuat kamu merasa kurang percaya diri dan semangat akan menjadi hilang.

Inilah beberapa metode untuk mengatasi bercak membandel yang ada pada wajah ini. Tetapi, selain mengobati, lebih baik kalian juga mengenal apa itu komedo putih hingga penyebab komedo hitam yang terdapat pada hidung. Setidaknya kalian perlu mengetahui penyebab komedo yang ada pada wajah agar lebih mudah untuk mencegah timbulnya komedo tersebut kembali muncul.

1. Faktor Genetik

Inilah penyebab munculnya komedo adalah minyak yang berlebih pada wajah. Minyak berlebih yang terdapat pada wajah bisa dipengaruhi oleh faktor genetik.

Minyak berlebih yang terdapat pada wajah dapat memperbesar kemungkinan untuk mendatangkan komedo-komedo. Hal tersebut disebabkan adanya sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel kulit.

Penyumbatan pori-pori juga menjadi salah satu yang disebabkan oleh hormon. Hormon yang berubah adalah siklus normal yang terjadi pada setiap manusia. Biasanya hal tersebut terjadi pada masa puber, kehamilan, menstruasi, atau menopause.

Hormon yang meningkat juga dapat terjadi pada faktor turunan. Jika ayah atau ibumu memiliki kulit berjerawat, maka kemungkinan besar kamu juga bisa memiliki jerawat.

2. Cuaca Buruk

Cuaca yang panas akan membuat tubuh menjadi mudah berkeringat. Apalagi jika wajah kita terkena debu dan polusi udara yang kurang bagus.

Hal itu tentunya akan membuat wajah kamu menjadi kotor. Debu dan kotoran yang akan menyubat keluarnya minyak pada pori-pori sehingga akan menimbulkan bintik-bintik hitam. Bintik tersebutlah yang dinamakan komedo hitam.

3. Salah Pakai Kosmetik

Ternyata salah satu penyebab komedo berasal dari makeup, loh. Mengapa demikian? yah, karena sisa-sisa makeup yang belum terangkat dengan bersih ternyata akan membuat sumbatan pada pori-pori dan yang akhirnya menjadi komedo.

Makeup dan juga wanita memang dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Kosmetik memanglah senjata bagi para wanita untuk bisa menambah kecantikannya. Tetapi, penggunaan kosmetik yang kurang mahir dapat menyebabkan masalah pada kulit wajah.

Harus selalu berhati-hati dalam memilih berbagai kosmetik. Jika wajah kamu mulai terasa panas ketika mengenakan kosmetik tertentu, maka itu bisa dikatakan Anda tidak cocok dengan kosmetik tersebut. Anda harus segera hentikan penggunaan kosmetik tersebut jika merasa tidak cocok, hal tersebut agar tidak terjadi pada kulit wajah kamu.

Melakukan pembersihan makeup ketika sehabis memakai makeup. Menggunakan makeup remover untuk mengangkat sisa-sisa makeup yang menempel pada muka. Anda dapat memilih yang kandungan kimianya sedikit agar tidak mudah menyebabkan iritasi pada kulit wajah kamu.

Setelah memakai makeup remover, kamu bisa langsung memakai cleanser agar bekas kosmetik yang kamu pakai benar-benar hilang. Cleanser juga dapat membuat wajah kamu menjadi segar kembali.

4. Masalah Psikologis

Keadaan Psikologis ternyata dapat membuat kamu menjadi terdapat komedo pada wajah. Ketika kamu sedang mengalami stres, kelenjar sebum akan lebih dengan cepat memproduksi minyak. Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh perubahan hormon yang tidak menentuk pada orang yang sedang mengalami stres.

Tidak boleh membiarkan diri kamu tenggelam pada perasaan yang sedang stres yang pada akhirnya akan berdampak buruk pada kesehatan. Kamu bisa melakukan liburan untuk menyegarkan pikiran dan tekanan saat anda selesai bekerja.

5. Pola Makan

Makanan yang kamu makan tentunya berpengaruh juga dalam mendatangkan komedo pada wajah. Terlebih jika Anda memakan-makanan yang mengandung gula dan lemak yang tinggi. Terlalu banyak mengkonsumsi lemak akan menghambat perjalanan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Inilah salah satu makanan yang menyebabkan wajah Anda berkomedo adalah masakan yang di goreng. Selain digoreng produk olahan susu juga tidak baik jika kamu konsumsi terlalu banyak.

Lebih banyak kamu mencukupi kebutuhan akan cairan dengan mineral atau air putih. Mengkonsumsi air putih yang cukup selain itu menjaga kesehatan tubuh juga keremaajan kulit.

Efek Komedo Dipencet


Kamu tidak boleh sembarangan memencet komedomu. Komedo itu memang akan membuat kamu ingin memencetnya. Tetapi, memencet komedo juga akan mendorong masuknya bakteri melalui pori-pori yang akan membuatnya menjadi radang.

Kalau kebiasaan kamu memencet komedo ini terus dilakukan, maka lubang pori-pori pada wajah akan membekas dan membesar. Kulit wajahmu makan akan terlihat jadi kasar dan bolong-bolong. Penampilan jadi semakin tidak menarik tentunya.

Tidak hanya itu saja, komedo juga akan semakin cepat bertumbuh. Ukuran komedonya juga akan semakin besar karena mengikuti ukuran lubang yang terdapat pada pori-pori wajah.

Penggunaan masker lebih baik untuk mengankat lemak pada pori-pori daripada Anda harus memencetnya. Kamu dapat menggunakan masker-masker dari bahan alami. Selain ampuh untuk membasmi komedo dan jerawat, masker alami juga sehat untuk kulit.

Mengenali Masalahnya agar Lebih Mudah dalam Penanganan

Itulah penyebab komedo yang terdapat pada wajah yang perlu kamu ketahui selain dari membersihkannya. Pengetahuan ini tentunya sangat bermanfaat dalam menangani atau meminimalisir kembali timbulnya komedo.

Semoga artikel yang admin berikan dapat berguna dalam merawat kulit kamu yang cantik. Kamu juga jangan lupa untuk selalu kunjungi artikel-artikel lain pada situs ini yang dapat menjadikan kamu inspirasi.