Sumber : Instagram (didikempot_official)

Siapa sih yang tidak mengenal Didi Kempot? Pria ini adalah seorang musisi campursari yang berasal dari Surakarta yang memulai karirnya sejak tahun 1989. Didi Kempot sempat sudah lama tidak muncul di media, pada tahun 2019, namanya kembali populer di kalangan generasi muda dan telah dianggap sebagai Godfather of Broken Heart. Tidak heran, kalau kemudian banyak orang yang ingin mencari tahu biodata Didi Kempot.

Profil dan Biodata Didi Kempot Lengkap

"Neng stasiun balapan, kuto Solo Sing dadi kenangan kowe karo aku." Jika kamu menyanyikan lagu penggalan lirik tersebut, itu berarti kemungkinan diri kamu adalah Sobat Ambyar alias penggemar Didi Kempot. Bagi kalian yang penasaran dengan cerita hidupnya, tidak usah bingung, karena disini IndoKeppo akan merangkum informasi tentang biodata Didi Kempot.

Pria yang bernama Didi Kempot atau yang biasa dipanggil Mas Didi ini pertama kali bekerja sama dengan produser musik pada tahun 1989. Lagu pertamanya yang telah dirilis adalah Cidro yang menceritakan tentang patah hati.

Lagu-lagu Didi Kempot ini kebanyakan memang menceritakan tentang patah hati. Walaupun ada beberapa judulnya yang berupa nama tempat, contohnya seperti : Stasiun Balapan, tetapi tetap saja lagunya tentang kesedihan, yaitu yang menceritakan tentang seorang lelaki yang ditinggal pergi oleh kekasihnya.

Pada tahun 2019, hal tersebut bisa dikatakan tahunnya Didi Kempot. Karena pada tahun tersebut namanya kembali naik daun, setelah sebelumnya ia jarang terdengar di media. Hal yang membuat kagumnya adalah walaupun ia tidak muda lagi, penyanyi campursari ini tetap disukai oleh para generasi muda.

Saat Didi menyanyikan lagi Cidro pada pagelaran konser di Semarang pada pertengahan tahun 2019, ada salah satu wanita muda yang menangis dengan keras sambil menyanyikan lagu tersebut. Kejadian itu terekam oleh kamera dan videonya yang telah tersebar luas, sehingga video tersebut sempat menjadi viral di dunia maya. Hal itu telah membuktikan kalau kepopuleran Didi Kempot tidak pernah lekang oleh waktu.

Tidak usah berlama-lama lagi, bagi kalian yang penasaran dengan biodata Didi Kempot lengkap, langsung saja mencari tahu informasinya di IndoKeppo. Disini, admin telah merangkum kehidupan pribadi, karya-karya, lagu-lagu dan fakta menarik lainnya. Yuk, langsung saja baca dan simak!

Kehidupan Pribadi Didi Kempot


Profil dan Biodata Didi Kempot Lengkap
Sumber : Instagram (didikempot_official)

Salah satu tema yang paling menarik yang akan dibahas pada artikel tentang biodata Didi Kempot ini adalah kehidupan pribadinya. Tentunya, kalian pasti pada penasaran dengan masa kecil hingga siapa istri dari penyanyi satu ini, kan? Yuk, langsung aja simak informasinya.

1. Keluarga

Dionisius Prasetyo atau yang biasa lebih dikenal dengan nama Didi Kempot ini merupakan anak dari pelawak Ranto Adi Gudel alias Mbah Ranto. Pada jaman 90-an, ayahnya sempat tergabung di salah satu program komedi yang tayang di televisi nasional yang berjudul Ketoprak.

Tidak hanya ayahnya saja, tetapi keluarga Didi yang lainnya ada yang berprofesi sebagai pelawak. Salah satunya adalah Mamiek Prakoso atau Mamiek Podang yang sempat populer pada saat bergabung pada grup lawak Srimulat. Sayangnya, Mamiek Prakoso telah berpulang ke rumah Tuhan pada 3 Agustus 2014 di usia 53 tahun.

Baca Juga : PROFIL DAN BIODATA ALIANDO SYARIEF

2. Masa Kecil sampai Remaja

Pria yang telah dikenal mempunyai rambut panjang ini telah menghabiskan masa kecilnya di salah satu kota di Jawa Tengah, yaitu Solo. Walaupun hidupnya di keluarga pelawak, Didi tidak pernah mempunyai keinginan untuk menjadi seorang pelawak.

Waktu kecil, Didi memang sudah mempunyai mimpi untuk menjadi seorang penyanyi sehebat Soedjarwoto Soemarsono alias Gombloh. Karena keinginannya untuk menekuni bidang musik, saat ia duduk di bangku SMP, Didi pernah menjual sepeda pemberian oleh ayahnya demi dapat membeli gitar.

Karena hal tersebut, dirinya sempat dimarahi habis-habisan oleh ayahnya. Tetapi, ia tidak pernah menyarah begitu saja. Baginya, musik merupakan cita-citanya yang akan ditekuni sejak ia masih kecil.

3. Pendidikan

Dibalik kesuksesaannya menjadi seseorang penyanyi, Didi Kempot ternyata tidak lulus SMA, lho. Bukan tanpa alasan, ia melakukan hal tersebut karena ingin berfokus dalam menekuni dunia musik, khususnya campursari.

Mbah Ranto yang merupakan ayah Didi Kempot tidak menyangka keputusan anaknya untuk berhenti sekolah. Bagi ayahnya, seorang seniman itu tidak perlu menempuh pendidikan yang tinggi. Asalkan mempunyai niat untuk terus mengembangkan bakatnya dalam bermusik, itu saja sudah cukup.

4. Mempunyai Istri yang Merupakan Seorang Penyanyi

Profil dan Biodata Didi Kempot Lengkap
Sumber : YouTube (Yan Vellia Official)

Kalian masih menyimak informasi artikel yang membahas tentang bidodata Didi Kempot ini? Walaupun sudah lama bergelut di dunia musik, tidak banyak yang mengetahui tentang pernikahan Didi Kempot.

Mungkin kalian juga belum mengetahuinya dan mungkin penasaran dengan nama istri Didi Kempot, kan? Didi telah lama menikah dengan wanita cantik bernama Yan Velia yang berprofesi sebagai seorang penyanyi dangdut.

Mempunyai profesi yang sama, mereka ternyata sering benyanyi bersama di panggung. Yan Vellia merupakan wanita yang berkelahiran di Semarang pada tahun 1982, sehingga jarak usia dengan Didi lumayan jauh, yaitu 16 tahun.

Perjalanan Karir Didi Kempot


Profil dan Biodata Didi Kempot Lengkap

Setelah sebelumnya admin membahas dengan singkat tentang kehidupan pribadinya, saatnya kita membahas tentang perjalanan karir suami dari Yan Velia ini. Kalian pastinya pada penasaran bagaimana kisahnya, kan? Yuk, langsung aja baca terus artikel yang IndoKeppo berikan ini.

1. Sempat Menjadi Pengamen

Perjalanan karir Didi Kempot tidaklah mudah seperti membalikkan tangan. Pada awal tahun 1984, saat Didi Kempot masih muda, ia pernah menjadi seorang musisi jalanan alias pengamen bersama dengan teman-temannya di Solo dan Yogyakarta.

Walaupun seperti itu, ia tidak pernah merasa malu dengan profesinya. Asalkan masih ada hubungan dengan musik, apapun itu akan ia lakukan. Sebab, Didi tidak pernah memikirkan pekerjaannya selain menjadi seorang penyanyi.

Fyi, nama Kempot itu bukan merujuk pada bentuk pipinya , ya! Kempot adalah singkatan dari Kelompok Penyanyi Trotoar. Mungkin, Didi menggunakan nama tersebut untuk mengenang masa perjuangannya selama menjadi pengamen.

2. Hijrah ke Jakarta

Pada tahun 1986, ia memberanikan diri untuk pergi ke Jakarta, tujuannya untuk dapat mengejar mimpinya menjadi seorang penyanyi campursari profesional. Pada jaman tersebut, para musisi jalanan memang sedang berlomba-lomba untuk bisa masuk ke dapur rekaman.

Begitu juga dengan Didi Kempot, ia mulai membuat lagu dan merekamnnya sendiri. Kemudian, rekaman tersebut ia tawarkan kepada produser-produser musik yang ada di Jakarta. Lagu pertama yang dibuat dan direkamnya adalah Cidro.

Tentunya untuk dapat masuk ke produser musik bukanlah hal yang mudah untuknya. Didi sempat berulang kali ditolak oleh produser musik karena penampilannya yang kurang menarik untuk menjadi seorang penyanyi.

Pada tahun 1989, barulah ia dilirik oleh salah satu perusahaan rekaman musik yang ada di Jakarta yang bernama Musica Studio's. Sejak saat itulah, ia membuat album dan dikenal oleh banyak orang. Ciri khas lagunya adalah yang bertema patah hati dengan lirik bahasa Jawa.

Pada wawancaranya dengan youtuber Gofar Hilman, ia pernah mengatakan mengapa ia menggunakan bahasa Jawa adalah untuk memperkenalkan bahasa Jawa ke seluruh Indoneisa. Sedangkan untuk temanya, ia menyakini kalau lagu patah hati lebih cepat booming karena banyak orang yang mengalaminya.

3. Populer di Suriname

Profil dan Biodata Didi Kempot Lengkap
Sumber : Instagram (didikempot_official)

Jika kalian sedang mengulik biodata Didi Kempot, tentunya kamu tidak boleh melewatkan informasi yang satu ini. Tidak hanya di Indonesia saja, ternyata ia terkenal di Suriname. Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan negara tersebut, kan?

Suriname adalah sebuah negara bekas jajahan Belanda yang berada di benua Amerika Selatan. Mayoritas warga negara tersebut adalah orang-orang Jawa yang dibawa sekutu Belanda dari Indonesia.

Soal percakapan keseharian masyarakat Suriname menggunakan bahasa Jawa dan terkadang Belanda. Tidak heran kalau Didi sangat populer disana, ya! Didi Kempot pertama kali manggung di Suriname pada tahun 1993, dan warga selalu antusias untuk menyambut kedatangannya.

Pada tahun 90-an, Didi juga pernah jujur kalau lagu-lagunya lebih populer di Suriname daripada di Indonesia. Terhitung sejak 1993-2019, ia telah sebanyak 12 kali berkunjung ke Suriname untuk menyanyikan lagunya.

4. Karir di Dunia Musik Semakin Melonjak

Walaupun ia sudah jarang muncul di televisi, Didi Kempot ternyata mempunyai banyak penggemar dari berbagai kalangan, mulai dari anak mudah hingga tua. Pada bulan Juni 2019, namanya kembali populer di kalangan anak muda saat Didi Kempot merambah ke dunia Twitter dan Instagram.

Walaupun akunnya sudah tidak dikelola oleh dirinya sendiri, ia tetap disambut dengan antusias oleh warganet. Baru dua bulan aktif di Twitter, tepatnya pada bulan Agustus 2019, ia sudah bisa mendapatkan lebih dari 100 ribu followes. Hal tersebut menandakan kalau karya Didi Kempot banyak diminati lintas generasi.

Pada saat itu, tawaran manggung Didi Kempot bertambah banyak. Ia juga pernah diberi kesempatan untuk meramaikan pagelaran musik yang berjudul Syncronize Fest 2019. Acara yang hits di kalangan milenial itu diadakan di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, sejak 4-6 Oktober 2019.

Synchronize Fest sendiri adalah festival musik multi-genre berskala nasional yang memberikan lebih dari 100 pertunjukan musik dari artis-artis favorit terbaik di Indonesia. Selain Didi Kempot, festival tersebut juga dimeriakan oleh Tulus, Tony Q Rastafara, Seems Like Yesterday, dan lainnya.

Karya-Karya Musik


Profil dan Biodata Didi Kempot Lengkap
Sumber : Instagram (didikempot_official)

Apakah kamu masih belum lelah membaca artikel yang membahas biodata Didi Kempot ini? Topik menarik lainnya yang akan dibahas kali ini adalah tentang karyanya di dunia musik. Kira-kira, berapa banyak lagu campursari yang telah dibuat oleh penyanyi satu ini?

Pada saat diwawancara dengan Gofar Hilman pada acara yang berjudul Ngobam Didi Kempot, ia mengatakan telah menulis dan membuat sebanyak kurang lebih 800 lagu. Mayoritas dari lagunya memang berbahasa Jawa, tetapi ada juga beberapa lagu yang berbahasa Indonesia.

Mungkin ada beberapa dari kalian yang bertanya-tanya darimana Didi bisa mendapatkan inspirasi untuk menulis lirik lagunya. Ia mengaku kalau ia mendapatkan secara spontan, apa yang ada di pikirannya, ia langsung tuliskan diatas secarik kertas.

Masih pada acara Ngobam Didi Kempot, ia juga pernah membuat satu lagu hanya dalam kurang lebih 1 jam saja. Pada saat itu, lagu yang ia buat adalah Sewu Kuto yang bertema patah hati. Dalam waktu satu jam saja, ia bisa menulis lirik dan mengaransemen lagunya.

Tidak hanya tentang patah hati, Didi Kempot juga menulis dan membuat lagu berdasarkan nama suatu tempat. Contohnya adalah Pantai Klayar, Pantai Parangtritis, Stasiun Balapan, Banyu Langit, dan lainnya.

Ia telah membuat lagu tersebut berdasarkan dari tempat-tempat yang terkenal di Indonesua yang mungkin juga bisa menjadi saksi bisu kisah kehidupan atau mungkin kisah cinta dari beberapa orang. Jadi, pada saat mendegarkan lagunya, Didi berharap orang-orang tersebut dapat teringat dengan kenangannya yang pernah dialaminya tersebut.

Walaupun sudah banyak memiliki lagu, pada tahun 2019, Didi masih membuat album yang berisi beberapa lagu yang bertema patah hati, salah satunya adalah lagu yang berjudul Tatu. Melalui lagu-lagunya, ia juga berharap bisa menyuarakan isi hati para insan yang sedang patah hati.

Lagunya Banyak Dicover Oleh Penyanyi Dangdut

Profil dan Biodata Didi Kempot Lengkap
Didi Kempot. Sumber : Instagram (didikempot_official)

Pada artikel biodata Didi Kempot ini, pastinya kurang lengkap rasanya jika belum membahas persoalan lagu-lagunya yang di-cover oleh penyanyi dangdut lain. Lagu-lagunya tersebut bisa Anda temukan di YouTube. Bahkan, ada juga beberapa cover video yang mendapatkan lebih banyak viewers daripada milik Didi Kempot.

Walaupun seperti itu, pada beberapa wawancara Ngobam Didi Kempot, ia mengaku tidak mengetahui banyak soal royalti. Memang ada beberapa produser musik yang meminta izin untuk membawakan ulang lagunya dan memberi sejumlah uang sebagai royalti, tetapi ada banyak juga yang tidak meminta izin terlebih dahulu.

Masih pada wawancara yang sama, Didi juga mengatakan tidak keberatan jika lagunya dibawakan ulang, tetapi alangkah baiknya jika izin terlebih dahulu. Jika nyatanya penyanyi akan membawakan lagu Didi dan tidak memiliki uang untuk membayar royalti, Didi akan tetap memberikan izin.

Kalau orang Jawa berkata, "Sing Penting kulonuwun," alias "Yang terpenting permisi dahulu." Didi juga memberikan pesan kepada penyanyi-penyanyi dangdut agar bisa membuat lagu sendiri. Jadi, tidak hanya suara mereka saja yang dikenang tetapi juga karya-karyanya. Karena sejatinya seniman itu dilihat dari karyanya.

Ada beberapa lagu Didi Kempot yang cukup popular yang dibawakan oleh penyanyi dangdut lain adalah Banyu Langit, Suket Teki, Pamer Bojo, dan lainnya.

Dilansir dari Kompas.com, pada saat diminta untuk memilih antara Via dan Nella, Ia lebih memilih Via Vallen. Menurut Didi, penyanyi yang berasal dari Tulung Agung ini merupakan sesosok penyanyi muda yang bisa menyanyikan lagu Jawa hingga bisa dinikmati oleh semua orang.

Fakta Menarik Didi Kempot


1. Dianggap Mempunyai Kembaran Artis Mancanegara

Profil dan Biodata Didi Kempot Lengkap
Bruno Mars dan Didi Kempot. Sumber : Instagram (indra.hakim)

Setelah sebelumnya admin membahas tentang karya dan lagu-lagunya, pada artikel biodata Didi Kempot kali ini akan membahas tentang fakta-fakta menariknya. Kira-kira apa sajakah itu? mari cari tau jawabannya dibawah ini.

Di media sosial, seperti Instagram dan Twitter, banyak sekali tersebar gambar-gambar lucu yang membuat ketawa. Biasanya, yang paling disukai netizen adalah editan gambar artis-artis favorit mereka. Salah satu contohnya adalah foto yang ada di atas, dimana Didi Kempot berswafoto dengan Bruno Mars.

Jika dilihat-lihat mereka mirip, ya? mereka berdua terlihat seperti kakak-adik kandung. Karena foto tersebut, Didi sering dijuluki sebagai "Bruno Mars-e wong Jowo" alias "Bruno Mars versi Jawa."

2. Kisah Patah Hati

Didi yang sering kali membuat lagu tentang perasaan sedih dan kecewa karena patah hati, ternyata Didi Kempot juga pernah mengalami kisah cinta yang memilukan, lho. Didi pertama kali merasakan patah hati pada saat remaja, yaitu pada saat ia berusia 14 tahun.

Kisah memilukan yang dialami oleh Didi pada saat itu adalah mengalami perbedaan status sosial. Ia lebih menyukai seorang wanita yang kaya raya, sayangnya hal tersebut itu terhambat karena ia tidak mendapatkan restu oleh orang tua wanita yang disukainya.

3. Barang yang Wajib Dibawa Saat Konser

Walaupun jarang kelihatan di televisi, bukan berarti Didi Kempot tidak laris manis. Penyanyi satu ini memang sering manggung off air dari satu kota ke kota lainnya. Tidak jarang, ia juga sering manggung dengan sang istri tercinta.

Pada saat kesibukannya disaat manggung, ada satu barang yang wajib banget ia bawa. Kira-kira barang apakah itu? Pada saat diwawancarai dengan Kompas.com, Didi menceritakan kalau barang yang wajib dibawa adalah balsem. Ia juga mengaku saat kelelahan pada saat manggung obatnya adalah "kerokan" menggunakan balsem.

4. Pernah Mempunyai Rambut Pendek

Meski Didi dikenal selalu mempunyai rambut panjang, ternyata Didi pernah tampil dengan rambut pendek, lho. Didi berambut pendek atau cepak pada tahun 1989. Kira-kira, apa sih tujuan Didi memotong rambutnya?

Jadi, begini alasannya karena nazar alias janji kepada diri sendiri. Ia mengaku dulu pernah sempat mengucapkan nazar, jika ia bisa masuk ke dalam dapur rekaman, ia akan memotong rambutnya. Benar saja, pada saat pertama kali ia dipilih produser musik, Didi langsung memangkas rambutnya.

5. Duta Kereta Api

Profil dan Biodata Didi Kempot Lengkap
Edi Sukmoro dan Didi Kempot. Sumber: Portal BUMN Kereta Api Indonesia

Apakah kamu tahu kalau Didi Kempot sempat terpilih menjadi duta PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada tahun 2017? Tepatnya pada tanggal 09 Maret, Didi telah resmi dilantik sebagai Duta Kereta Api oleh Edi Sukmoro selaku Dirut PT KAI.

Setelah Didi telah resmi menjadi Duta KAI, Didi bertugas untuk membantu mensosialisasikan dan mengiklankan produk layanan serta kebijakan PT KAI kepada masyarakat. Pemilihan Didi Kempot tentunya bukan tanpa alasan. Salah satu yang menjadi alasannya adalah karena ia merupakan seorang penyanyi bahasa Jawa yang cukup populer di Nusantara.

6. Pernah Menjadi Juri Kontes Musik Dangdut

Dahulu, pada tahun 2000-an, Didi pernah sempat diminta untuk menjadi salah satu juri di acara kontes musik dangdut yang telah disiarkan di televisi. Seharusnya, ia akan menjadi juri selama 1 bulan. Tetapi, baru satu hari saja melakukannya, Didi sudah tidak sanggup untuk melanjutkannya.

Alasannya sangatlah sederhana, duduk di kursi selama berjam-jam dan mengomentari penampilan orang lain tentunya bukanlah hal yang mudah. Sebab, ia terbiasa dengan rutinitas sebagai penyanyi yang bernyanyi dan menghibur para penonton di atas panggung.

7. Mendapatkan Panggilan Spesial dari Para Penggemar

Jika kamu mengaku penggemar Didi Kempot garis keras, tentunya sudah tidak asing lagi dengan sebutan spesial untuk penyanyi ini. Salah satunya adalah sebagai Godfather of Broken Heart alias Bapak Patah Hati Nasional. Tidak hanya itu saja, Didi juga mendapatkan julukan Lord Didi.

Semua panggilan spesial itu tidak lepas dari lagu-lagunya yang menggambarkan patah hati karena cinta. Tidak hanya Didi Kempot, para penggemarnya juga mendapatakan sebutan spesial, yaitu Sobat Ambyar. Selain itu, biar kekinian, para penggemar Didi Kempot yang laki-laki menyebut diri mereka sebagai Sad Boy, sedangkan untuk perempuan dijuluki sebagai Sad Girl.

Setelah Membaca Biodata Didi Kempot, Apakah Kamu Semakin Takjub?


Itulah tadi informasi singkat mengenai profil dan biodata Didi Kempot, mulai dari kehidupan pribadi hingga fakta-fakta menariknya. Sekarang, kamu telah mengetahui banyak tentang penyanyi asal Solo ini, kan?

Semoga dengan membaca biodata Didi Kempot lengkap ini, kamu semakin takjub dan bisa memetik pelajaran penting darinya. Salah satunya adalah selalu tekun dan kuat dalam meraih mimpi. Mungkin, ia sempat berkali-kali gagal untuk masuk kedalam dapur rekaman, tetapi semua itu tidak mematahkan semangatnya yang ia dapatkan.

Begitu juga kamu, pada saat meraih cita-cita, alangkah baiknya jika kamu tidak mudah menyerah dan selalu bersemangat. Karena, apa yang kamu tanam hari ini, tentunya akan menjadi buah manis di masa depan.

Bagi kalian yang ingin terus mendukung Didi Kempot, kamu bisa mendengarkan lagu-lagunya di aplikasi streaming musik online, seperti Sportify, JOOX, YouTube, dan lainnya. Jikalau kamu ingin mengetahui informasi tentang artis-artis lainnya, Anda juga bisa langsung mengunjungi Indokeppo.blogspot.com.

Tidak hanya biodata Didi Kempot, IndoKeppo juga memberikan profil lengkap dari Ayu Ting Ting, Raisa Andriani, Iwan Fals, dan masih banyak lainnya. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya, seperti rekomendasi tempat wisata, kumpulan resep masakan, biografi tokoh-tokoh inspiratif, dan masih banyak yang lainnya. Selamat membaca!